Pengertian CPNS, Tahapan Pendaftaran CPNS, Jadwal Pendaftaran CPNS 2021

Pengertian CPNS, Tahapan Pendaftaran CPNS, Jadwal Pendaftaran CPNS Update 16 Agustus 2021

Pengertian CPNS

CPNS adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama. Calon Pegawai Negeri Sipil belum mengikuti kewajiban untuk memenuhi syarat sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan gaji 100%. Mereka digaji dengan persentase sejumlah 80% berdasarkan SK CPNS yang telah ditentukan dengan berpedoman pada undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Tahapan Pendaftaran CPNS

  1. Cek Daftar Formasi CPNS

    Pencarian Formasi CPNS
    Teman-teman pejuang CPNS yang masih belum tau formasi CPNS apa saja yang dibuka dan ingin mencari tau nya, silahkan buka website SSCASN kemudian klik layanan Informasi kemudian pilih Info Lowongan. Nanti akan muncul formasi CPNS apa saja yang dibuka, jadi teman-teman Pejuang CPNS bisa mencari formasi CPNS apa yang sesuai dengan instansi yang di inginkan serta pendidikan para peserta CPNS.


  2. Pendaftaran Akun SSCASN


    Dalam tahapan CPNS yang pertama harus teman-teman lakukan adalah melakukan pendaftaran pada akun SSCASN. Apabila peserta CPNS belum memilikinya, para peserta CPNS harus memilikinya terlebih dahulu akun SSCASN nya. Jika peserta CPNS sudah memiliki akun karna mengikuti seleksi ditahun sebelumnya, peserta CPNS tetap harus membuatnya kembali. Karna akun SSCASN ini di reset setiap tahunnya.

    Setelah itu nanti para peserta CPNS akan diminta mengisi biodata, peserta CPNS harus mengisinya dengan lengkap dan benar agar tidak ada kendala ketika nanti melakukan proses pendaftaran CPNS. Data yang diminta pada saat pendaftaran akun SSCASN biasanya adalah NIK, NO KK, Nama Lengkap, TTL, No HP, Email aktif, serta data-data Ijazah.

    Jika muncul notifikasi "Galat: Mohon maaf, NIK dan No KK tidak sesuai. Silahkan hubungi HALO Dukcapil 15000537 atau melapor ke Dinas Dukcapil Setempat" Silahkan teman-teman ikuti instruksi tersebut dengan menghubungi Kantor Dukcapil sesuai alamat peserta CPNS.


  3. Seleksi Administrasi Pendaftaran
    Ketika sudah mempunyai akun, peserta CPNS nantinya akan menghadapi Seleksi Administrasi Berkas. Seleksi administrasi ini akan peserta CPNS tempuh ketika peserta CPNS sudah melakukan pendaftaran pada formasi atau instansi yang peserta CPNS lamar. Jadi peserta CPNS semua nanti akan memilih formasi yang sesuai dengan latar pendidikannya semua di website SSCASN. Nah peserta CPNS perlu perhatikan betul formasi mana yang akan di lamar, jangan sampai salah memilih. Karena jika tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan peserta CPNS, kemungkinan besar teman-teman semua tidak lolos administrasi berkas.

    Jika peserta CPNS sudah memilih formasi, nanti para peserta CPNS akan diarahkan untuk mengupload berkas yang disyaratkan oleh masing-masing instansi yang di pilih oleh peserta CPNS. Jadi setiap instansi pun, baik instansi kota/kabupaten, Daerah, maupun kementrian itu berbeda syarat yang dimintanya. Saat mengupload berkas, pastikan berkas yang di upload sudah lengkap semua dan jangan ada berkas yang salah/tertukar saat menguploadnya agar tidak ada kendala dan tidak dinyatakan TMS/Tidak Memenuhi syarat pada saat pengumuman Seleksi Administrasi Berkas. 

    Lalu bagaimana ketika sedang upload berkas ternyata berkas CPNS kita kurang lengkap? Apakah ada masalah jika kita keluar dari website SSCASN ketika sedang upload berkas? Apakah Peserta CPNS nanti bisa membuka akun SSCAN kembali? Jawabannya bisa, jika saat sedang mengisi berkas ternyata berkas peserta CPNS kurang. peserta CPNS bisa keluar dari akun masng-masing kemudian melengkapi berkas yang kurang dan menguploadnya kembali, tetapi peserta CPNS tetap harus memastikan bahwa waktu pendaftaran/waktu untuk upload berkas belum selesai. Jadi sebaiknya para peserta CPNS jangan mepet waktu ketika mengupload berkas, takutnya ternyata ada berkas yang kurang dan para peserta CPNS harus mencarinya/melengkapinya terlebih dahulu.

    Jika muncul pemberitahuan "Galat: Berkas harus memiliki format, ukuran minimal dan maksimal sesuai ketentuan" Teman-teman perlu perhatikan jenis file serta ukuran yang telah ditentukan.
  4. Masa Sanggah

    Peserta CPNS yang dinyatakan Tidak lolos dikarnakan TMS/Tidak memenuhi syarat pada saat pengumuman Seleksi Administrasi Pendaftaran dapat melakukan sanggahan jika dirasa tidak puas dengan hasil tersebut, tetapi yang perlu diingat masa sanggah adalah masa dimana peserta CPNS menyanggah keputusan dari tim verifikasi berkas jika kesalahan dikarnakan kelalaian dari tim verifikasi bukan kesalahan dari Peserta CPNS.

    Masa sanggah biasanya dibuka beberapa hari setelah pengumuman hasil seleksi administrasi, dan biasanya memiliki tempo hanya 3 hari. Jadi pada saat pengumuman para peserta CPNS harus langsung membuka akun SSCASN nya dan jika gagal langsung mengecek kesalahannnya dan menyiapkan kata-kata untuk masa sanggah, agar ketika masa sanggah dibuka teman-teman peserta CPNS tidak membuang-buang waktu karna bingung membuat kata-kata untuk sanggahan.

    Baca Juga: Pengertian masa sanggah: Apakah bisa upload berkas kembali pada masa sanggah?


  5. Seleksi Kompetensi Dasar/SKD
    Setelah peserta CPNS dinyatakan lolos Seleksi Administrasi baik lolos langsung ketika pengumuman seleksi Administrasi maupun lolos ketika pengumuman Masa sanggah. Para peserta CPNS perlu mencetak kartu ujian SKD dulu, kartu ujian SKD ini bisa dicetak setelah pengumuman masa sanggah karna cetak kartu sanggah ini dilakukan serentak di akun SSCASN masing-masing.

    SKD/Seleksi Kompetensi Dasar ini memiliki 3 jenis tes, TWK(Tes Wawasan Kebangsaan), TIU(Tes Intelegensi Umum) dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Tes Wawasan Kebangsaan ini berisi materi seputar Negara Indonesia mulai dari Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara dan Bahasa Indonesia. Selanjutnya Tes Intelegensi Umum berisi materi seputar Kemampuan Numerik: Berhitung, Deret Angka, Perbandingan Kuantitatif, Soal Cerita ,Kemampuan Figural: Analogi Gambar, Ketidaksamaan, Serial, dan yang terakhir Tes Karakteristik Pribadi Pelayanan Publik ,Jejaring Kerja, Sosial Budaya, TIK, Profesionalisme. 

    Nantinya waktu pengerjaan SKD ini selama 90 menit, dengan jumlah soal SKD CPNS 110 butir dimana setiap 1 soal benar akan mendapat 5 poin sedangkan untuk soal yang salah tidak akan mempengaruhi nilai. Para peserta SKD CPNS dinyatakan lolos apabila mencapai ambang batas (passing grade). Emang berapa Skor Pasing Grade SKD CPNS? Untuk TWK 65, TKP 166, TIU 80 serta dengan jumlah minimal 311. Nah nanti peserta harus melewati nilai ambang batas itu semua, tidak bisa hanya melewati salah satu passing grade atau ada 1 passing grade yang tidak lolos. Selain nilai pasing grade, para peserta SKD CPNS juga harus menempati posisi 3 kali jumlah kuota, misal teman-teman peserta CPNS mendaftar pada instansi dimana instansi tersebut membuka kuota penerimaan CPNS sebanyak 5 orang, jadi nantinya Peserta CPNS yang dianggap lolos seleksi SKD adalah yang ada pada posisi 1-15 dan lolos pasing grade.


  6. Seleksi Kompetensi Bidang/SKB
    Nantinya setelah para peserta CPNS lolos SKD, akan menghadapi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Nah seleksi kompetensi bidang ini soalnya akan berbeda sesuai formasi atau jabatan yang dilamar. Jadi temen-temen harus benar-benar menguasai bidang dari formasi/jabatan yang akan dilamar pada Penerimaan CPNS. Jadi misal temen-temen melamar formasi akuntansi, nah diseleksi bidang nanti soal-soal yang diujikan akan berhubungan dengan Akuntansi. Selain tes menggunakan komputer ada juga beberapa instansi yang tes Seleksi Kompetensi Bidangnya berupa wawancara dan samapta/tes fisik seperti pada formasi sipir (polsuspas) Kemenkumham. 


  7. Kelulusan dari akumulasi SKD dan SKB
    Setelah para peserta melaksanakan SKD dan SKB kedua skor tersebut nanti akan diakumulasikan kemudian diambil yang paling besar skornya. Setelah itu akan di rangking dengan peserta CPNS lainnya dari formasi tersebut. Jadi teman-teman peserta CPNS jangan langsung percaya diri setelah mendapat nilai tertinggi pada saat SKD, tapi teman-teman peserta CPNS juga harus bisa meraih nilai yang tinggi juga pada saat SKB agar saat di akumulasikan teman-teman peserta CPNS mendapat nilai yang besar.


  8. Pemberkasan Sebelum Mendapatkan SK CPNS
    Setelah peserta CPNS dinyatakan lolos CPNS, Teman-teman peserta CPNS akan melewati 1 tahapan lagi yakni Pemberkasan. Pada pemberkasan ini nantinya peserta CPNS yang lolos Pendaftaran CPNS akan diminta mengumpulkan banyak sekali berkas ke instansi yang teman-teman peserta CPNS lamar. Jadi nantinya instansi yang teman-teman peserta CPNS lamar akan mengirimkan informasi tentang berkas-berkas apasaja yang dibuthkan pada saat pemberkasan. Jika peserta CPNS yang lolos CPNS tidak melakukan pemberkasan maka teman-teman dianggap mengundurkan diri.

Jadwal Pendaftaran CPNS 2021

  • Pengumuman Seleksi ASN: 30 Juni - 14 Juli 2021 
  • Pendaftaran Seleksi ASN: 30 Juni - 26 Juli 2021 
  • Pengumuman Seleksi Administrasi: 2 - 3 Agustus 2021 
  • Masa Sanggah: 4 - 6 Agustus 2021 Jawab Sanggah: 4 - 13 Agustus 2021 
  • Pengumuman Pasca Sanggah: 15 Agustus 2021.
  • Cetak kartu ujian Seleksi Kompetensi Dasar: 20 Agustus 2021
  • SKD CPNS: 2 September untuk titik lokasi bkn, dan 14 september untuk mandiri

Komentar