Bisakah Ubah Data atau Upload Ulang Berkas yang Salah Pada Masa Sanggah? Serta Cara Melakukan Sanggahan

Apa itu masa sanggah? Bagaimana cara mengajukan sanggahan? Dan apa saja yang bisa disanggah dalam seleksi penerimaan CPNS? Mari kita bahas itu semua.

Pasti banyak nih teman-teman yang  penasaran mengenai apa itu masa sanggah dan bagaimana cara menyanggah jika hasil seleksi berkas CPNS kita TMS(Tidak Memenuhi Syarat). Sebelum saya jelaskan lebih dalam, yang teman-teman perlu ketahui pertama adalah masa sanggah itu waktu dimana teman-teman yang dinyatakan tidak lulus seleksi berkas menyanggah hasil tersebut, dan masa sanggah tersebut bukan untuk memperbaiki berkas-berkas yang salah sebelumnya. Atau sederhananya, jika hasil yang dinyatakan tidak lulus tersebut merupakan kesalahan dari tim verifikator bukan kesalahan teman-teman ketika mengisi data atau mengunggah berkas maka teman-teman bisa menyanggah hasil tersebut, tetapi jika ternyata kesalahan itu adalah kesalahan teman-teman buka kesalahan dari tim Verifikator maka hasil tersebut tidak bisa disanggah. Hal tersebut harus benar-benar teman-teman ketahui dulu, karna masih banyak yang beranggapan bahwa masa sanggah adalah waktu untuk memperbaiki data atau berkas yang sebelumnya salah. Jadi nanti saat pengumuman hasil seleksi berkas teman-teman silahkan buka akun SSSCASN masing-masig dan perhatikan alasan yang diberikan jika teman-teman dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat(TMS). Jadi misal temen-temen salah mengunggah berkas seperti temen-temen diminta mengupload ijazah bagian belakang tetapi ternyata teman-teman salah dan malah mengupload berkas lain, atau misal teman-teman diminta mengisi data diri tetapi teman-teman salah tulis dan dinyatakan tidak memenuhi syarat maka teman-teman tidak bisa menyanggahnya. Jadi temen-temen harus benar-benar membaca pada saat mengisi data/mengupload berkas, jangan sampai teman-teman salah mengisi atau mengupload karna hal itu bisa mengakibatkan teman-teman gagal dalam seleksi berkas dan tidak bisa teman-teman perbaiki ketika masa sanggah.


Nah sekarang yang kita bahas apa sih yang bisa kita sanggah? Pasti temen-temen banyak yang berfikir kalo masa sanggah ini gak berguna, karna ketika temen-temen ada kesalahan dalam upload berkas atau mengisi data tidak bisa diperbaiki di masa sanggah. Masa sanggah ini jelas berguna banget, karna banyak temen-temen yang awalnya dinyatakan tidak memenuhi syarat kemudian dia melakukan sanggahan hasilnya berubah menjadi lulus atau memenuhi syarat. Jadi ketika temen-temen mau melakukan sanggahan, teman-teman harus pahami alurnya. Yang pertama teman-teman harus baca alasan teman-teman dinyatakan tidak memenuhi syarat, apakah alasan tersebut benar atau tidak. Jika teman-teman dinyatakan tidak memenuhi syarat dan ketika teman-teman baca alasan dinyatakan TMS nya itu salah/tidak benar maka teman-teman bisa menyangggahnya, tetapi jika alasan tersebut benar maka teman-teman tidak bisa menyanggahnya. Sederhananya gini, hasil yang bisa disanggah adalah kelalaian tim verifikator berkas, misal jika teman-teman TMS karna alasan salah upload berkas ijazah dan ketika teman-teman cek ternyata yang di upload benar ijazah disitu teman-teman bisa menyanggahnya, atau contoh lain teman-teman dinyatakan tidak memenuhi syarat karna alasan salah mengisi data sekolah tetapi ketika teman-teman cek data sekolah yang diisi benar maka teman-teman bisa menyanggahnya. Intinya kesalahan tersebut karna kelalaian dari tim yang meyeleksi berkas. Jadi fungsi dari masa sanggah itu ya untuk memberikan kesalahan karna kesalahan tim verifikator berkas, karna tim yang memverifikasi itu manusia jadi sangat mungkin terjadi human error. Banyaknya data yang masuk, banyaknya berkas yang diperiksa lama-lama panitia bisa merasakan lelah juga, jadi mungkin saja tim verifikasi tersebut salah dalam mengecek data/berkas.


Terus kapan dan bagaimana cara melakukan sanggaahan? Biasanya beberapa hari setelah pengumuman hasil seleksi administrasi/berkas bakal ada masa sanggah, teman-teman yang dinyatakan tidak memenuhi syarat silahkan buka akun SSCASN maka akan muncul form sanggah, di form tersebut terdapat alasan teman-teman dinyatakan TMS kemudian terdapat tombol untuk melihat berkas yang ddinyatakan tidak memenuhi syarat dan sampingnya bakal ada tempat untuk teman-teman menulis sanggahan. Jadi silahkan teman-teman baca alasan TMS, teman-teman lihat berkas yang salah tersebut dan jika berkas tersebut benar sudah sesuai yang diminta dan dapat terbaca semua, silahkan teman-teman beri sanggahan dengan kata-kata yang baik dan jelas misal "KTP sudah di upload, KTP dapat terbaca dengan jelas" atau misal "Materai yang di gunakan benar, bukan materai hasil dari google dan materai yang digunakan berbeda dengan yang di gunakan di berkas lain" contoh yang terakhir ini banyak terjadi karna di tahun 2021 ini tim verifikasi sangat fokus dengan materai yang digunakan karna diketaui banyak teman-teman yang menggunakan materai hasil dari google atau menggunakan 1 materai untuk 2 berkas.  Jika sudah mengisi sanggahan silahkan teman-teman scrol kebawah dan centang kotak yang terdapat keterangan "xxx" kemudian silahkan klik akhiri proses sanggah. Sanggahan ini terdapat batas waktu, jadi ketika masa sanggah telah dibuka teman-teman langsung saja melakukan sanggahan jika memang ingin melakukan sanggahan. Jangan menunda-nunda karna takutnya teman-teman belum melakukan sanggahan sampai batas waktu sanggahan.


Tambahan: Khusus pelamar CPNS tenaga kesehatan yang STR nya sudah habis masa berlakunya dan dinyatakan tidak memenuhi syarat maka berdasarkan surat permenpan-rb yang dikeluarkan pada 23 juli 2021 "Bahwa tenaga kesehatan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat dikarenakan STR yang dimiliki habis masa berlakunya dapat mengunggah STR yang habis masa berlakunya ditambah screenshot pada web MTKI /KFN/KKI minimal pada tahap pembayaran untuk perpanjang STR" dengan cara mengklik tombol unggah ulang, jadi teman-teman dipersilahkan mengunggah STR lama ditambah Screnshoot tadi dan berikan alasan sanggah pada kolom sanggahan di sampingnya.

Komentar