Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjinakan dan Merawat Burung Cendet

Menjinakan dan Merawat Burung Cendet Anakan atau Hasil Tangkapan


IdnTop.net Burung cendet memiliki kemampuan sangat pintar meniru suara kicau serta suara benda disektiarnya. Karna kemampuan inilah, burung cendet atau burung pentet menjadi salah satu burung primadona dikalangan pecinta burung. Hal tersebut yang membuat para pecinta burung menjadikan burung cendet ini menjadi burung lomba kicau.

Namun perlu kita ketahui, burung cendet adalah burung predator atau burung pemangsa, jadi sifat asli dari burung ini galak. Burung cendet ini mau memangsa burung lain yang ukurannya lebih kecil, dan akan menyerang jika dia merasa terancam. Kadang si pemilik yang akan mengganti air atau memberi makan burung ini, ketika memasukan tangannya akan di patuk oleh burung ini. Kadang jari kita bisa lecet atau parahnya bisa mengelupas.

Lalu kaya mana sih cara kita menjinakan burung cendet ini?

A. Cendet anakan/lolohan sendiri

Merawat burung cendet dari  anakan menjadi hal yang di gemari oleh para si pemilik burung ini. Karena merawat burung dari anakan lebih mudah jinak dan akan lebih cepat bunyi.
Cara merawat burung cendet anakan:

  1. Buatkan sarang buat anakan burung cendet ini, bisa menggunakan keranjang bekas atau sarang burung yang ada di pasaran serta bisa juga menggunakan jerami. Tujuannya agar burung ini merasa hangat.
  2. Berikan makan dengan cara loloh sehari 4-5 kali.
  3. Rajin bersihkan kotoran setiap hari.


B. Cendet muda hasil tangkapan

Merawat dan menjnakan burung cendet muda yang didapat dari hasil tangkapan ini jauh lebih susah dibanding dengan merawat anakan burung cendet. Cendet muda hasil tangkapan hutan biasanya sangat giras karna takut dengan lingkungan manusia, selain itu burung cendet tangkapan ini sangat giras karena yang biasanya dia hidup bebas di alam kini tinggal di kandang yang tertutup rapat.

Cendet muda hasil tangkapan ini biasanya akan sangat stres ketika pertama di masukan di kandang karna biasanya dia hidup bebas di alam. Temen-temen yang akan merawat burung ini harus ekstra hati-hati karna jika salah, burung ini akan mudah mati karna biasanya ketika sedang stres burung cendet akan mogok makan atau tidak mau makan.

Untuk merawatnya ini tentu teman-teman harus sangat sabar dan tekun agar burung ini tidak stres, jinak dan mau berbunyi/berkicau. Ini dia beberapa cara yang mungkun bisa teman-teman lakukan untuk menjinakan burung cendet:

  1. Melatih makan voer
    Melatih makan voer ini adalah hal yang pertama harus teman-teman lakukan ketika ingin menjinakan burung cendet. Tapi teman-teman harus memastikan burung ini dalam keadaan tenang atau sudah tidak stres. Jika dirasa masih stres teman-teman bisa berikan pakan alami seperti jangkrik.
    Jika sudah stres baru teman-teman bisa melatih makan voer. Cara untuk melatih burung cendet ini mau makan voer, pertama teman-teman harus campurkan voer ini dengan pakan extra fooding seperti ulat hongkong, jangkrik atau kroto. Biarkan burung cendet ini memilih makanannya, ketika burung cendet ini memakan extra fooding maka voer pun akan ikut termakan sedikit-sedikit. Lakukan terus menerus sampai dirasa burung cendet ini mau makan voer.

  2. Berikan terapi mandi
    Tahapan selanjutnya untuk menjinakan burung cendet ini adalah dengan memberikan terapi mandi. Selain  untuk membersihkan bulu terapi mandi ini juga bisa menurunkan tingkat stres dari burung cendet ini. Terapi mandi ini bisa dilakukan setiap pagi hari. Setelah dimandikan burung cendet ini harus dijemur, waktu yang tepat untuk menjemur burung ini adalah dari jam 8-10 pagi. Menjemur burung cendet ini baiknya jangan terlalu tinggi dan tempat yang sering di lalui manusia, ataupun kendaraan. Tujuannya agar burung cendet ini terbiasa dengan lingkungan manusia.

  3. Melatih agar lebih jinak
    Cara yang terakhir agar bisa lebih jinak adalah dengan berinteraksi. Caranya adalah mengambil pakannya ketika sore, jadi ketika pagi hari burung ini akan merasa sangat lapar. Nah pas pagi hari ini teman-teman berikan pakan ekstra fooding kepada burung cendet. Untuk memberikan pakan ekstra fooding ini berikan pakan menggunakan lidi atau tangan kita. 

Lakukan cara tersebut terus menerus sampai burung cendet tersebut jinak.

Sekian artikel cara menjinakan burung cendet yang telah di publish di IdnTop.net

Posting Komentar untuk "Cara Menjinakan dan Merawat Burung Cendet"