Apasih perbedaan proposal skripsi dengan skripsi?

  perbedaan proposal skripsi dan skripsi


Oke teman-teman hari ini IdnTop akan membahas tentang perbedaan mendasar antara proposal skripsi dan skripsi, bahkan temen-temen yang ingin mengambil skripsi itu harus tahu dulu itu perbedaan proposal skripsi dan skripsi, yang udah ngambil skripsi pun beberapa orang mungkin masih terbolak-balik perbedaannya apa.

Baik temen-temen semua seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi, bahwa kali ini IdnTop akan coba mengangkat topik tentang apasih perbedaan yang mendasar antara proposal skripsi dan skripsi itu sendiri. Oke perbedaan antara proposal skripsi dan skripsi, hal ini cukup menarik walaupun sebagian mahasiswa udah pada tau tentang hal tersebut, ada juga mahasiswa yang ga terlalu paham tentang proposal skripsi dan skripsi tersebut.

Nah perbedan yang pertama yang akan dijelaskan adalah hardcover-nya, cover antara proposal skripsi dan skripsi itu sangat berbeda. Apa yang membedakannya? Kalo di cover skripsi itu tulisannya skripsi kalo engga tugas akhir, sedangkan proposal skripsi itu di covernya tulisannya proposal skripsi. Ini hal yang paling mendasar, jadi kalo teman-teman baca di perpustakaan ketika mendapatkan ada tulisan proposal skripsi pada covernya, itu adalah contoh dari proposal skripsi. Tapi kalo ada tulisan di covernya itu skripsi atau tugas akhir itu bentuknya skripsi. Jadi jangan terbolak-balik ya. \ 

Yang kedua adalah jumlah bab nya temen-temen, proposal skripsi itu jumlah babnya hanya sampai bab 3 kalo skripsi itu sampai dengan bab 5. Tapi tetep tergantung lagi dengan aturan-aturan atau format penulisan di kampus-kampus kamu, tapi secara umum kalo skripsi itu bab nya sampai bab 5, bab 1 pendahuluan, bab 2 landasan teori dan tinjauan pustaka, bab 3 metodologi, bab 4 hasil dan pembahasan, bab 5 kesimpulan dan saran. Jadi lihat perbedannya, kalo proposal itu bab 1 bab 2 bab 3 kalo skripsi itu bab 1 sampai dengan bab 5. 

Kemudian yang selanjutnya yang paling umum lagi yaitu perbedaan kerangka proposal skripsi dan juga kerangka skripsinya. Nah kalo misalnya kita lihat bahwa kerangka proposal skripsi itu hanya memuat cover, lembar judul, lembar pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran serta bab 1 pendahuluan, bab 2 tinjauan pustaka, bab 3 metodologi penelitian, kemudian daftar pustaka dan lampiran. Nah kalo kerangka skripsi biasanya ada cover, lembar judul, lembar pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, daftar lampiran, abstract, kemudian ada bab 1 pendahuluan, bab 2 landasan teori dan tinjauan pustaka, bab 3 metodologi, bab 4 hasil dan pembahasan, bab 5 kesimpulan dan saran, serta di akhiri dengan daftar pustaka dan lampiran. Secara kerangka itu sangat berbeda, walaupun dari bab 1 sampai bab 3 itu sama.

Nah selanjutnya ketika ujian proposal skripsi itu biasa disebut dengan seminar proposal yaitu menyidangkan hasil bab 1 sampai bab 3 yang didalamnya ada pembimbing dan dosen pengujinya serta biasanya itu terdapat mahasiswa-mahasiswa untuk menontonnya istilahnya sifat dari seminar proposal ini terbuka. Tetapikalo misalnya sidang skripsi itu pembahasan atau sidang komperhensif bab 1 sampai dengan bab 5 yang biasanya tediri dari 4 penguji yang didalamnya biasanya juga ada dosen pembimbing skripsi dan sifatnya tertutup. Itu temen-temen mahasiswa gak boleh masuk kedalam ruanganhanya penguji, pembimbing dan mahasiswanya saja. 

Nah mungkin itu pembahasan kali ini tentang perbedaan proposal skripsi dengan skripsi.


Komentar