Cara membuat jenis nomor halaman berbeda, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar otomatis

Pada kali ini IdnTop.net akan membahas tentang gimana sih memformat penulisan atau sistematika penulisan skripsi dengan cara yang otomatis, mungkin temen-temen sering buat laporan/makalah/skripsi itu atau ngetik laporan/makalah/skripsi di Microsoft word yaitu dengan cara manual yang masih sama seperti kita menggunakan mesin tik di tempo dulu. Oke nanti saya jelaskan secara detilnya gimana buat cover, buat daftar isi otomatis, buat daftar gambar otomatis serta daftar tabel otomatis.

1. Atur terlebih dahulu jenis kertas

Format penulisan skripsi

Untuk mengatur jenis kertas, sesuaikan dengan peraturan dari kampus kalian. Jadi kita pilih layout/page layout kemudian kita pilih  Page Setup disini kemudian kita pilih paper, nah biasanya itu papernya ada yang letter, legal, ataupun a4. Tapi umumnya sih menggunakan a4.

2. Atur Margins

Margins nya juga disesuaikan dengan format dari kampus kalian. Tapi umumnya atas/top = 3 cm, kiri/left = 4 cm, bawah/bottom = 3 cm, kanan/right = 3 cm.

3. Tulis terlebih dahulu nama Halaman


Kita buat terlebih dahulu tulisan untuk halaman cover, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar lalu dilanjutkan halaman Bab, tapi kita tidak perlu menulis Bab I, Bab II dan seterusnya. Kita hanya menuliskan nama bab nya dan nama sub babnya, misal Pendahuluan kemudian sub bab latar belakang masalah dan identifikasi masalah, Kajian Teori sub bab deskripsi teori dam penelitian relevan. Begitu seterusnya sampai daftar pustaka. Beri jarak 1 spasi di setiap bab nya

Cara membuat Cover, kata pengantar-daftar isi-daftar tabel-daftar gambar, dan bab berbeda jenis page number

A. Membuat nomor halaman berbeda

Dalam penulisan skripsi halaman utama pasti kita gunakan untuk halaman cover(halaman sampul). setelah halaman cover itu kata pengantar, daftar isi, daftar tabel dan daftar gambar serta bab 1 sampai 5. Nah karena kasusnya halaman cover ini dengan kata pengantar-daftar isi-daftar tabel-daftar gambar serta bab 1 sampai 5 pasti settingannya, karena dia gak ada page number kalo kata pengantar, daftar isi dan lain-lain itu ada page number nya. Nah caranya itu .....

1. Gunakan perintah Break


Break ini temen-temen yang dimanfaatkan ketika kita mengerjakan skripsi menggunakan microsoft word caranya buka menu layout kemudian pilih Breaks nah kita pilih Next page kalau misal setingannnya itu berbeda. Jadi dua halaman tadi antara halamn sebelum breaks akan berbeda format dengan setelah breaks. Perintah break ini kita gunakan pada kata pengantar dan pendahuluan. untuk daftar isi daftar tabel daftar gambar kita hunakan ctrl+enter saja karena settingannya sama dengan kata pengantar, begitu juga dengan bab 2, bab 3, bab 4 dan bab 5 karena settingannya sama dengan bab 1

2. Memasukan Page number

Nah temen-temen untuk kata pengantar, daftar isi, daftar gambar dan lain-lain kan biasanya menggunakan angka romawi dan terletak di bagian bawah. Jadi pertama kita buka menu insert kemudian footer lalu pilih edit footer. 

Selanjutnya pada menu design kita hilangkan Link to Previous kemudian ke page number kita pilih format page numbers terlebih dulu. Kemudian Number formatnya kita rubah menjadi i, ii, iii,.. pastikan start at nya itu ii karna kata pengantar kita anggap sebahai halaman 2, karena halaman 1 adalah cover. Kemudian kita OK. Kok gak muncul halamannya? Ya karna kita baru saja setting formatnya. Nah kita lanjut kita buka klik lagi page number kita pilih bottom of page lalu kita pilih lokasinya di samping kiri, tengah atau kanan kita sesuaikan dengan format dari kampus masing-masing.

Untuk halamn bab kita  lakukan sama seperti pada kata pengantar, hanya berbeda pada saat format page numbers. Kita buat Number formatnya  menjadi 1,2,3,.. pastikan start at nya itu 1 karna pendahuluan akan kita buat halaman satu.

B. Membuat daftar isi, daftar tabel dan daftar gambar otomatis

Tujuan menggunakan ini adalah agar kita tidak perlu repot menyesuaikan aftar isi, daftar tabel dan daftar gambar dengan halaman secara manual. Untuk membuat daftar isi ini, kita gunakan styles heading 1, heading 2, dan heading 3, normal dan caption.

1. Untuk judul bab kita gunakan heading 1


Letakan cursor pada judul bab lalu pada menu home, kita pilih styles heading 1. Nah maka akan berubah menjadi warna biru. Kita sesuaikan format heading 1 ini dengan format skripis kita. Nah cara ngubahnya cari heading 1 kemudian klik kanan pilih Modify. Nah maka akan muncul pilihannya, disini temen-temen silahkan rubah jenis font, ukuran font, serta warna tulisan kemudian klik ok. Jadi buatnya seperti itu, jangan kalian blok lalu rubah manual. Selanjutnya kita letakan pada judul bab lainnya dan kita tinggal mengklik Heading 1 maka otomatis formatnya akan menyesuaikan dengan yang kita rubah baru saja.

 2. Memberi nomor bab

Caranya pada multi level list kita pilih yang nomor 6 lalu Define new multi level list. Nah disini kita sesuaikan dengan format kampus kita. Jika formatnya misal dari bab sampai ke sub-sub bab itu Bab I, A., 1., a), 1) maka kita click angka 1, 2, 3, 4, 5 kemudian kita rubah formating number dan number style.


Pada level 1 number style kita rubah menjadi I,II,III... Kemudian pada Enter formating numbernya kita tambah kata Bab pada depan tulisan I, kemudian pilih level 2 Number style-nya kita rubah menjadi A, B, C.... lalu pada Formating number kita tambahkan titik setelah A. Begitu juga seterusnya. Kalo misal kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan daftar pustaka terdapat tulisan bab nya, kita hapus saja dengan mematikan numbering.

 3. Memberi nomor sub bab

Nah untuk memberi nomor sub bab ini kita klik saja styles heading 2 pada menu home. kalo formatnya tidak sesuai, kita rubah saja seperti pada heading 1 tadi. klik kanan pada heading 2 lalu pilih  modify. Kemudian sesuaikan ngan format yang diberikan kampus masing-masing. Disini otomatis sub bab ada numbering nya sesuai yang kita atur tadi.

 4. Membuat daftar isi otomatis


Kita letakan cursor dibawah Bab daftar isi, lalu pada menu References klik table of content lalu pilih Content. Agar daftar isi dapat diatur secara otomatis ketika mengedit isi/menambah sub bab baru. Pastikan menambah sub bab baru dengan Heading 2 dan sub-sub bab baru dengan heading 3. Lalu kita klik update tabel pada daftar isi dan pilih update entire table.

 5. Membuat tabel


Kita buat tabel dengan cara biasa yaitu pada menu insert klik tabel lalu pilih jumlah table yang kita perlukan. Jika sudah kita beri judul tabel dengan letakan cursor dibagian atas tabel lalu pada menu References klik Insert Caption


Setelah kotak dialog muncul klik New caption lalu ketik Tabel pada caption, kemudian OK.


Jika format nya tidak sesuai kita rubah melalui styles yang ada pada menu home. Kita cari Caption lalu klik kanan modify dan atur sesuai format masing-masing. Nah untuk tabel-tabel lainnya kita tinggal Insert caption seperti pada tabel 1.

 6. Membuat daftar tabel otomatis


Kita letakan cursor di bawah bab Daftar Tabel, Lalu pada menu References klik Insert table of figure. Pastikan Caption label yang ada pada bagian bawahnya Tabel, lalu klik ok. Jika kita membuat tabel baru pastikan kita membuat judul tabel dengan insert caption. lalu letakan cursor pada daftar tabel otomatis dan klik update table pada menu references.

 7. Membuat daftar gambar otomatis

Masukan gambar kemudian lakukan sama seperti ketika membuat tabel. Kita beri judul gambar dengan insert caption dan labelnya kita buat baru yaitu Gambar. Untuk membuat daftar gambar otomatisnya juga sama hanya pada Caption label nya kita pilih Gambar.

Komentar