Cara membuat media tanam untuk menanam jahe merah



Jahe merah memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari meningkatkan imun, menangkal bakteri dan virus, bahkan sampai mencegah kanker dan mencegah penuaan. Karena kemampuannya yang dapat meningkatkan imun serta menangkal bakteri dan virus, jahe merah ini dikatakan dapat mencegah virus corona atau covid 19. Saat ini harga jahe merah beragam di setiap daerah untuk perkilo nya.
Siapa tau temen-temen ada yang ingin menanam jahe merah ini dalam wadah polybag/karung yang pasti tidak bakal memakan banyak tempat karna mudah digeser-geser. Hal paling penting dalam menanam jahe merah dalam polybag/karung adalah media tanamnya.
Jadi disini IdnTop akan berbagi informasi bagaimana cara membuat media tanam untuk menanam jahe merah dalam polybag.

Bahan-bahan

  • Kohe kambing/kotoran kambing
    Didalam kotoran kambing terdapat banyak zat yang baik bagi tanaman, seperti unsur N atau Nitrogen yang dapat membuat tanaman menjadi subur. Jadi teman-teman harus menyiapkan kohe kambing/kotoran kambing, tetapi jika tidak ada kohe kambing, bisa menggunakan kohe sapi, kelinci atau ayam. Asal kotoran tersebut sudah di fermentasi.
  • Jerami Padi
    Bahan kedua yang dibutuhkan adalah jerami padi yang sudah lapuk. Dalam jerami padi yang sudah lapuk terdapat unsur Phospat yang baik untuk merangsang akar jahe merah serta baik untuk pertumbuhan batang.

  • Abu bakar kayu
    Sisa pembakaran kayu ini berfungsi untuk memperlancarkan air yang masuk kedalam media tanam yang kita buat. Tetapi jika teman-teman tidak memiliki abu bakar kayu, teman-teman bisa membeli arang sekam di toko pertanian.

  • Tanah
    Bahan terakhir dalam membuat media tanam untuk menanam jahe merah adalah tanah, karena tanah adalah tempat bagi tanaman bisa tumbuh subur.

Cara membuat media tanam untuk menanam jahe merah

  1. Siapkan karung atau polybag berukuran besar
  2. Masukan kohe kambing ke dalam karung/polybag yang sudah kita siapkan setinggi kira-kira 2cm, sebagai lapisan pertama
  3. Kemudian masukan jerami padi sebagai lapisan kedua dengan ketinggian kira-kira 10cm
  4. Diatas jerami, masukan tanah sekitar 5cm
  5. Dan yang terakhir masukan abu sekam dengan ketinggian 5cm
  6. Diamkan media tanam selama 1 bulan tetapi harus kita sirami media tersebut

Sekian artikel dari IdnTop mengenai cara membuat media tanam untuk menanam jahe merah. Sekian artikel dari IdnTop

Komentar